Breaking News
Loading...
Monday, January 07, 2013

GAYA GESEK STATIK DAN KINETIK

Gaya Gesek statik dan Kinetik-pada pembahasan sebelumnya kita telah membahas gaya gesek akan tetapi tidak membahas mengenai gaya gesek statik dan gaya gesek Kinetik. Oleh karena itu mari kita pelajari gaya gesek satatik dan kinetik. Tapi sebelum mempelajari gaya gesek statik dan kinetik, kami sarankan agar anda mempelajari jenis-jenis gaya yang lain. Tapi tang terpenting apakah anda sudah tahu apa defenisi dari gaya gesek? jika belum klik di sini.

Pada kehidupan sehari-hari ini sering kali anda lakukan akan tetapi anda tidak  tahu manakah gaya gesek satatik dan gaya gesek kinetik. Pada saat anda mendorong benda berat seperti meja yang lumayan berat sebelumnya meja itu diam kemudian secara perlahan akan bergarak. mengapa demikian? mengapa meja tersebut tidak langsung bergerak setelah anda memberi gaya pada meja tersebut? hal ini disebabkan karena adanya gaya yang bekerja secara berlawanan dengan arah perpindahan benda yang diberi gaya sehingga gesekan terjadi akan tetapi gesekan yang terjadi sangat kecil. Ini adalah gaya satatik yang diberikan oleh lantai terhadap benda (meja). Dengan kata lain gaya gesek statis adalah gaya gesek yang bekerja pada saat benda dalam keadaan diam atau tepat akan bergerak setelah benda diberi gaya horisontal.
jika anda mendorong meja dengan gaya yang lebih besar tampa terjadi perubahan posisi pada benda maka gaya gesek statik juga bertambah.
Oleh karena gaya gesek statik bervariasi mulai dari nol hingga maximum maka dapat dituliskan
Fs ≤ μsFN
akan tetapi rumus yang sering digunakan untuk mencari gaya gesek statik Fs
Fs = μsFN
keterangan : Fs = gaya gesek statik
                 μs = koefisien statik
                 FN= gaya normal
gaya gesek kinetik adalah gaya yang terjadi pada saat benda sedang dalam keadaan bergerak sehingga kita
dapat menyatakan bahwa gaya gesek kinetik adalah gaya gesek yang bekerja pada saat benda diberi gaya
arah horisontal sehingga benda tersebut bergarak. Koefisien gesek kinetik selalu lebih kecil 
dibandingkan dengan koefisien gesek statik. secara umum kita dapat menentukan gaya gesek kinetik 
dengan rumus Fk = μkFN.sekian pembahasan mengenai gaya gesek statik dan kinetik semoga dapat bermanfaat bagi para pencari ilmu


 
Toggle Footer